MD Takmiliyah Asasul Islamiyah

Just another WordPress.com weblog

INSTRUMEN AKREDITASI MADRASAH DINIYAH

Posted by dtacibatu pada Desember 4, 2009

INSTRUMEN AKREDITASI

MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH (MDA)

KABUPATEN SUKABUMI JAWA BARAT

I. ORGANISASI DAN KELEMBAGAAN

1. Diniyah memiliki akta pendirian
A. Tidak memiliki akta pendirian
B. Surat keterangan dari desa / kelurahan / kecamatan
C. Surat keterangan dari notaris / akta notaris / yayasan
2. Penyelenggara Diniyah memiliki struktur organisasi yang lengkap
A. Terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara
B. Terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan pendiri
C. Terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, pembina, pengurus harian

3. Penyelenggara Diniyah mengangkat tenaga pendidik / kependidikan
A. Tidak ada pengangkatan secara tertulis dari yayasan / dinas
B. Pengangkatan dengan surat keputusan kepala Diniyah
C. Pengangkatan dengan surat keputusan yayasan / dinas

4. Penyelenggara Diniyah membuat perjanjian kerja ketenagaan
A. Tidak ada perjanjian tertulis tapi secara lisan
B. Ada perjanjian tertulis tapi tidak terinci
C. Ada perjanjian tertulis dan terinci

5. Ada pembagian tugas yang jelas antara penyelenggara / yayasan dengan pengelola Diniyah
A. Pengurus yayasan merangkap sebagai kepala Diniyah
B. Pengurus yayasan tidak merangkap sebagai kepala Diniyah
C. Ada pembagian tugas tapi tidak tertulis
D. Ada uraian tugas tertulis antara penyelenggara dan pengelola Diniyah

6. Penyelenggara Diniyah memiliki rencana kerja
A. Rencana kerja tahunan, tengah tahunan, cawu, dsb
B. Rencana kerja tahunan dan anggaran berkala
C. Rencana kerja, anggaran berkala, anggaran kerja

7. Penyelenggara mengesahkan RAPBM
A. Tidak ada RAPBM
B. Ada RAPBM tapi belum disahkan
C. Ada RAPBM sudah disahkan

8. Diniyah memiliki peraturan khusus dalam rangka meningkatkan efektifitas pembelajaran
A. Tidak memiliki peraturan-peraturan khusus
B. Memiliki peraturan-peraturan khusus tentang seragam
C. Memiliki peraturan khusus tentang seragam dan peraturan belajar serta peraturan disiplin

9. Penyelenggara dan pengelola Diniyah melakukan fungsi sosial
A. Memberi keringanan bagi siswa yang tidak mampu
B. Membebaskan uang sekolah bagi siswa yang tidak mampu
C. Membebaskan dan memberikan bea siswa bagi siswa yang tidak mampu tapi berprestasi

10. Diniyah / penyelenggara menjalin kerjasama dengan lembaga non pendidikan untuk mengembangkan madrasah
A. Tidak memiliki kerjasama dengan lembaga non pendidikan
B. Kerjasama dengan PMI
C. Kerjasama dengan PMI, Puskesmas

II. ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN

11. Diniyah mempunyai program perencanaan
A. Tidak memiliki program
B. Program jangka pendek
C. Program jangka pendek dan menengah
D. Program jangka pendek, menengah dan panjang

12. Diniyah memiliki rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Diniyah
A. Tidak memiliki
B. Ada rencana gaji dan honor guru
C. Ada rencana gaji dan honor guru, pembelian bahan pengajaran
D. Ada rencana gaji dan honor guru, pembelian bahan pengajaran dan pegeluaran lain-lain

13. Diniyah memiliki agenda kegiatan kepala Diniyah
A. Tidak memiliki
B. Ada agenda kegiatan diisi tidak teratur
C. Ada/memiliki agenda kegiatan diisi dengan teratur

14. Diniyah memiliki dokumen pendirian Diniyah
A. SK/Piagam / Keterangan tentang pendirian Diniyah dari yayasan/ penyelenggara Diniyah
B. Keputusan tentang pendirian / izin operasional dari Departemen Agama
C. Piagam dan Nomor dari Departemen Agama
D. SK / Piagam / Keterangan tentang pendirian Diniyah dari Yayasan dan dari Depag, NSM

15. Diniyah memiliki tempat khusus administrasi tata persuratan dan kearsipan
A. Semua dokumen dimasukan dalam map
B. Semua dokumen dimasukan dalam order
C. Semua dokumen disimpan dalam lemari atau filing kabinet, tempat map atau order
D. Semua dokumen dimasukan map atau order disimpan dalam lemari atau filing kabinet

16. Diniyah memiliki notula rapat
A. Tidak memiliki notula
B. Memiliki, setiap notula ditandatangani notulis
C. Memiliki, notula rapat ditandatangani notulis dan diketahui kepala Diniyah

17. Diniyah memiliki buku tamu umum dan pembinaan
A. Tidak memiliki
B. Buku tamu umum dan pembinaan dijadikan satu terisi kurang baik
C. Buku tamu umum dan pembibaan dijadikan satu terisi dengan baik
D. Buku tamu umum dan pembinaan terpisah dan diisi dengan baik

18. Diniyah memiliki data statistik
A. Tidak memiliki data statistik
B. Memiliki data guru
C. Memiliki data guru, karyawan dan siswa
D. Memiliki data guru, karyawan, siswa dan prasarana

19. Diniyah memiliki daftar hadir guru
A. Tidak memiliki
B. Memiliki daftar hadir , diisi tidak teratur
C. Memiliki daftar hadir, diisi dengan teratur

20. Diniyah memiliki uraian tugas warga Diniyah
A. Tidak memiliki
B. Memiliki uraian tugas kepala
C. Memiliki uraian tugas kepala dan guru
D. Memiliki uraian tugas kepala, guru dan ketua yayasan

21. Diniyah meliatkan komite Diniyah atau yayasan dalam menyusun RAPBM
A. Tidak meliatkan
B. Melibatkan dengan ada notulen rapat
C. Meliatkan dengan ada bukti notulen rapat, ada daftar dan struktur organisasi komite Diniyah

22. Diniyah memiliki struktur organisasi
A. Tidak memiliki
B. Memiliki struktur bagan organisasi
C. Memiliki deskripsi tugas dan jabatan yang tertuang dalam SK Kepala Diniyah

23. Diniyah mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan penataran dan sejenisnya
A. Tidak mengikutsertakan guru
B. Mengikutsertakan tapi tidak ada bukti tertulis
C. Mengikutsertakan dengan bukti ada surat tugas ada daftar nama guru yang telah di Diklat

24. Diniyah mengadakan pertemuan rutin dan / atau berkala dengan guru
A. Tidak pernah mengadakan pertemuan rutin dengan guru
B. Ada mengadakan pertemuan rutin dengan guru tapi tidak ada bukti tertulis
C. Ada mengadakan pertemuan rutin dengan guru dengan bukti notulen rapat, kesimpulan dan keputusan, daftar hadir guru

25. Diniyah mengadakan pertemuan rutin dan /atau berkala dengan orang tua, komite madrasah serta yayasan
A. Tidak pernah mengadakan pertemuan rutin
B. Ada mengadakan pertemuan rutin tapi tidak ada bukti tertulis
C. Mengadakanpertemuan rutin dengan komite atau yayasan dengan bukti tertulis buku notulen rapat, daftar hadir, kesimpulan dan keputusan rapat

26. Diniyah mencatat dan mengarsip surat masuk dan surat keluare
A. Diniyah tidak mengarsip surat masuk dan surat keluar
B. Diniyah mencatat/mengarsip surat masuk / keluar tapi tidak teratur
C. Diniyah mencatat/mengarsip surat masuk/ keluar dengan tercatat dalam buku secara teratur

27. Diniyah memiliki catatan tentang pengaduan, keluhan, masukan, kritik dan saran dari orang tua dan masyarakat
A. Diniyah tidak memiliki catatan tentang pengaduan dsb
B. Diniyah memiliki catatan pengaduan, keluhan, ds dari orang tua/ masyarakat tapi tidak ada bukti tertulis dengan surat pengaduan dan saran
C. Diniyah memiliki catatan pengaduan, keluhan, ds dari orang tua/ masyarakat bukti tertulis

28. Diniyah memiliki daftar inventaris sarana dan prasarana
A. Diniyah tidak memiliki
B. Diniyah memiliki daftar inventaris dan sarana prasarana tapi tidak dibukukan
C. Diniyah memiliki daftar inventaris dan sarana prasarana di bukukan serta catatan kekayaan Diniyah

29. Diniyah memiliki buku Administrasi keuangan
A. Diniyah tidak memiliki
B. Diniyah memiliki buku Administrasi, keuangan tapi tidak tertulis dengan teratur
C. Diniyah memiliki buku Administrasi, keuangan  tertulis dengan teratur

30. Diniyah memiliki buku Administrasi ketenagaan
A. Diniyah tidak memiliki
B. Diniyah memiliki buku Administrasi ketenagaan tapi tertulis dengan teratur
C. Diniyah memiliki buku Administrasi ketenagaan tertulis dalam buku daftar pegawai dan daftar honor guru

31. Diniyah memiliki buku induk, buku administrasi, kesiswaan
A. Diniyah tidak memiliki
B. Diniyah memiliki tapi kurang teratur
C. Memiliki buku induk, administrasi kesiswaan, administrasi kemajuan siswa dsan administrasi kegiatan siswa

KURIKULUM DAN PEMELAJARAN

32. Diniyah memiliki dokumen kurikulum
A. Tidak memiliki kurikulum yang berlaku
B. Memiliki kerangka dasar dan kurikulum yang berlaku
C. Memiliki standar isi, kerangka dasar struktur kurikulum
D. Memiliki standar isi, kerangka dasar, beban belajar, struktur kurikulum, kalender pendidikan dan ktsp

33. Guru membuat program pemelajaran (Tahunan, semesteran, sulabus, RPP)
A. 1 – 30 % guru memuat
B. 31 – 60 % guru membuat
C. 61 – 90 % guru membuat
D. 91 – 100% guru membuat

34. Guru membuat jadwal pelajaran
A. 1 – 30 % guru memuat
B. 31 – 60 % guru membuat
C. 61 – 90 % guru membuat
D. 91 – 100% guru membuat

35. Diniyah melaksanakan program muatan lokal (contoh kesenian islam dll)
A. 2 kelas yang melaksanakan
B. 3 kelas yang melaksanakan
C. 4 kelas yang melaksanakan
D. 5 kelas yang melaksanakan
E. Semua kelas  melaksanakan

36. Guru mengembangkan silabus untuk setiap mata pelajaran sesuai kurikulum minimal untuk satu semester yang sedang berjalan
A. 1 – 30 % guru memiliki
B. 31 – 60 % guru memiliki
C. 61 – 90 % guru memiliki
D. 91 – 100% guru memiliki

37. Diniyah memiliki buku pelajaran yang digunakan sebagai buku pegangan guru
A. Diniyah tidak memiliki buku pengangan guru
B. Diniyah memiliki sebagian buku pegangan guru
C. Diniyah memiliki buku pegangan guru untuk sebagai mata pelajaran

38. Guru menggunakan media, alat peraga, dan / media alat bantu lainnya dalam pembelajaran di kelas
A. 1 – 30 % guru menggunakan
B. 31 – 60 % guru menggunakan
C. 61 – 90 % guru menggunakan
D. 91 – 100% guru menggunakan

39. Apakah guru mempunyai kumpulan soal tes ?
A. Tidak memiliki kumpulan soal tes
B. Kumpulan soal ulangan harian
C. Kumpulan soal ulangan harian / semester
D. Kumpulan soal ulangan harian, semester dan UAM

40. Guru menggunakan buku dan/ atau bahan rujukan lain selain buku pelajaran
A. 1 – 30 % guru menggunakan
B. 31 – 60 % guru menggunakan
C. 61 – 90 % guru menggunakan
D. 91 – 100% guru menggunakan

41. Untuk meningkatkan efektifitas belajar, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar kelas pada mata pelajaran tertentu
A. 1 – 30 % guru menggunakan
B. 31 – 60 % guru menggunakan
C. 61 – 90 % guru menggunakan
D. 91 – 100% guru menggunakan

42. Diniyah mempunyai jadwal pelajaran yang tertulis
A. Diniyah memiliki jadwal pelajaran tertulis
B. Ada jadwal pembelajaran untuk sebagian kelas
C. Ada jadwal pembelajaran lengkap dan tertulis untuk semua kelas

43. Guru melaksanakan remedial / pengayaan
A. 1 – 30 % guru melaksanakan / membuat
B. 31 – 60 % guru melaksanakan / membuat
C. 61 – 90 % guru melaksanakan / membuat
D. 91 – 100% guru melaksanakan / membuat

44. Guru melaksanakan penilaian dengan ulangan harian
A. 1 – 30 % guru melaksanakan
B. 31 – 60 % guru melaksanakan
C. 61 – 90 % guru melaksanakan
D. 91 – 100% guru melaksanakan

45. Guru memiliki buku nilai atau sejenis untuk mencatat kemajuan prestasi belajar siswa
A. 1 – 30 % guru memiliki
B. 31 – 60 % guru memiliki
C. 61 – 90 % guru memiliki
D. 91 – 100% guru memiliki

46. Guru membuat data pencapaian target kurikulum selama 2 tahun terakhir
A. 1 – 30 % guru membuat
B. 31 – 60 % guru membuat
C. 61 – 90 % guru membuat
D. 91 – 100% guru membuat

IV. SARANA DAN PRASARANA

47. Diniyah memiliki gedung milik dengan bukti tertulis
A. Menumpang pada gedung milik pemerintah
B. Menumpang pada gedung non pemerintah
C. Memiliki hak milik penyelenggara / yayasan

48. Status kepemilikan tanah Diniyah
A. Menumpang diatas tanah milik pemerintah / tanah lainnya
B. Status tanah menyewa dengan bukti lengkap dan sah
C. Status tanah hak pribadi yayasan / lembaga
D. Status tanah hak milik Diniyah

49. Kesesuaian luas ruang kelas dengan jumlah siswa
A. Tidak sesuai dengan ruangan kelas , terlalu sempit bagi siswa
B. Kurang sesuainya luas ruang kelas dengan jumlah siswa
C. Sesuai dengan jumlah yang ada minimal 20 orang, dengan ukuran ideal 5 x 6 M2

50. Peraot/meja dan kursi guru tiap kelas
A. Tidak memiliki meja/kursi guru tiap ruang kelas
B. Memiliki meja/kursi guru tapi tidak memadai
C. Memiliki meja/kursi guru dan memadai

51. Diniyah memiliki kelengkapan KM tiap ruang kelas
A. Papan tulis tanpa sarana penunjang
B. Papan tulis, tempat kapur, penghapus dan mistar
C. Papan tulis, tempat kapur, penghapus, mistar dan peta dinding

52. Diniyah memiliki ruang kantor kepala Diniyah
A. Tidakmemiliki ruang sendiri
B. Memiliki ruang sendiri kualitas kurang memadai
C. Memiliki ruang sendiri ergabung dengan ruang guru
D. Memiliki ruang sendiri dan terpisah

53. Diniyah memiliki perlengkapan ruang kantor kepala Madrasah
A. Tidak memiliki perlengkapan
B. Memiliki tapi perlengkapan kurang memadai
C. Memiliki peralatan memadai (meja, kursi dan atribut)

54. Diniyah memiliki ruang perpustakaan
A. Tidak memiliki ruang perpustakaan
B. Memiliki tapi kurang memadai
C. Memiliki dan memadai (ada ruang baca)

55. Kondisi gedung Diniyah
A. Darurat
B. Semi permanen
C. Permanen

56. Diniyah memiliki instalasi air bersih
A. Tidak memiliki instalasi air bersih
B. Memiliki tapi tidak berfungsi
C. Memiliki berfungsi dengan baik

57. Diniyah memiliki WC / kamar mandi sendiri
A. Tidak memiliki
B. Memiliki tapi tidak berfungsi
C. Memiliki berfungsi dengan baik

58. Diniyah memiliki halaman
A. Tidak memiliki halaman
B. Halaman cukup untuk upacara
C. Halaman cukup upacara, tempat parkir dan tempat bermain

59. Diniyah memiliki sarana peribadatan
A. Tidak memiliki
B. Memiliki kurang memadai
C. Memiliki dan memadai sesuai kebutuhan

60. Bagaimana pemeliharaan gedung Diniyah
A. Kotor dan kurang terawat
B. Cukup bersih
C. Bersih dan terawat, teratur

V. KETENAGAAN

61. Ijazah/ pendidikan terakhir kepala Diniyah
A. Tidak berijazah pendidikan formal
B. Berijazah pendidikan SLTP/SLTA
C. Berijazah Diploma, S1, S2 bukan dari keguruan/pendidikan tidak relavan
D. Berijazah Diploma, S1, S2 serta memiliki akta relavan
62. Status kepala Diniyah
A. Tidak tetap
B. Tetap dari yayasan / penyelenggara
C. Tetap dari pemerintah / DEPAG
63. Jabatan kepala Diniyah
A. Mempunyai dua jabatan kepala Diniyah diluar Diniyah yang berbeda dan merangkap ketua yayasan
B. Kepala Diniyah merangkap guru dan petugas administrasi
C. Kepala Diniyah tanpa jabatan rangkap
64. Pengalaman kepala Diniyah
A. Kurang dari 4 tahun
B. 4 – 8 tahun
C. Lebih dari 8 tahun
65. Kepala Diniyah memberikan pemahaman kurikulum dan teknis penjabaran persiapan mengajar kepada guru
A. Kurikulum saja
B. Teknis persiapan mengajar
C. Kurikulum dan teknis persiapan mengajar
66. Jumlah tenaga pengajar
A. Memiliki 3 orang guru kelas
B. Memiliki 4 orang guru kelas
C. Memiliki 5 orang guru kelas
D. Memiliki 6 orang guru kelas
67. Presentase guru yang pernah mengikuti penataran
A. 1 – 25 % mengikuti penataran
B. 26 – 70 % mengikuti penataran
C. 71 – 100 % mengikuti penataran
68. Pengalaman guru mengajar di Diniyah yang bersangkutan maupun di Diniyah lain
A. Kurang dari 5 tahun
B. 5 – 8 tahun
C. 9 – 12 tahun
D. Lebih dari 12 tahun
69. Diniyah memiliki tenaga non guru (TU,Penjaga,Tenaga Perpustakaan, Tukang Keun dan keamanan)
A. Memiliki hanya salah satu
B. Hanya dua macam saja
C. Memiliki lebih dari dua macam tenaga
70. Latar belakang pendidikan guru kelas
A. Non Keguruan
B. 1 – 35 % keguruan
C. 36 – 70 % keguruan
D. 71 – 100 % keguruan

VI. PEMBIAYAAN

71. Sumber dana Diniyah berasal dari
A. Pemerinyah atau yayasan
B. Pemerintah. Yayasan, komite Diniyah
C. Pemerintah, yayasan, komite, dan donatur / perusahaan
72. Diniyah mencari dana bersama-sama komite berupa
A. Iuran wajib para orang tua
B. Iuran wajib orang tua murid,iuran sukarela
C. Iuran wajib orang tua murid, sukarela dan iuran masyarakat yang bersifat tidak tetap
73. Jumlah penerimaan iuran SPP tiap bulannya
A. 1 – 50 % dari jumlah siswa yang membayar
B. 51 – 75 % dari jumlah siswa yang membayar
C. 76 – 100 % dari jumlah siswa yang membayar
74. Pelaksanaan RAPBM sesuai dengan apa yang telah direncanakan
A. 0 – 25 % sesuai
B. 26 – 50 % sesuai
C. 51 – 100 % sesuai
75. Laporan pertanggungjawaban keuangan Diniyah setiap tahunnya di sampaikan secara terbuka
A. Diniyah melaporkan pengelolaan keuangan tidak tertulis
B. Diniyah melaporkan pengelolaan keuangan secara tertulis
C. Diniyah melaporkanpengelolaan keuangandalam bentuk tertulis dengan dilampirkan bukti-bukti penggunaannya

VII. PESERTA DIDIK

76. Proses penerimaan siswa aru dilakukan secara adil dan terbuka
A. Ada catatan calon siswa pendaftar
B. Ada catatan calon siswa berikut rekap bukti pendaftaran
C. Ada catatan penerimaan siswa baru secara lengkap melalui papan pengumuman
77. Pendaftar di banding yang diterima
A. 25 % kurang dari daya tampung
B. 26 – 46 % kurang dari daya tampung
C. 50 % kurang dari daya tampung
78. Siswa yang mengulang di Diniyah ini adalah
A. 26 – 50 % siswa mengulang
B. 1 – 25 % siswa mengulang
C. Nol persen
79. Diniyah mengirimkan siswa pada erbagai perlombaan
A. Tidak pernah
B. Pernah pada tingkat desa
C. Pernah pada tingkat desa / kecamatan
D. Pernah pada tingkat kaupaten / provinsi
80. Rata-rata kelulusan siswa pada 2 tahun terakhir
A. 80 – 90 % lulus
B. 91 – 95 % lulus
C. 96 – 100 % lulus
81. Rata-rata nilai ujian akhir Diniyah pada 2 tahun terakhir
A. Kurang dari 6,00
B. 6,00 – 8,00
C. 8,00 – 10,00
82. Diniyah memiliki data siswa tercatat pada buku induk
A. Tidak memiliki buku induk siswa
B. Memiliki uku induk tapi tidak tertulis secara teratur
C. Memiliki buku induk siswa tercatat teratur dan lengkap

VIII. PERAN SERTA MASYARAKAT

83. Diniyah melibatkan orang tua siswa dalam menyusun perencanaan program
A. Tidak melibatkan orang tua siswa
B. Melibatkan orang tua siswa tapi tidak teratur
C. Melibatkan orang tua siswa dengan bukti tertulis notulen rapat dan daftar hadir
84. Diniyah melibatkan orang tua siswa dalam perencanaan program peningkatan mutu
A. Tidak melibatkan orang tua siswa
B. 25 % melibatkan orang tua siswa
C. Lebih dari 25 % melibatkan orang tua siswa
85. Diniyah memiliki komite Diniyah
A. Tidak memiliki
B. Memiliki tapi kurang preoduktif
C. Memiliki ,produktif
86. Diniyah melibatkan komite dalam menyusun pelaksanaan program untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran
A. Tidak melibatkan
B. Melibatkan komite ada notula rapat dan daftar hadir
C. Melibatkan komite dan berperan serta memberikan sumbangan, ada notula rapat, daftar hadir dan tanda terima
87. Diniyah melaporkan pertanggung jawaban APM kepada komite
A. Tidak melaporkan
B. Melaporkan secara tertulis tapi tidak rinci
C. Melaporkan secara rinci tertulis dan jelas
88. Bentuk bantuan fisik yang dilakukan orang tua/ komite pada diniya
A. Tidak ada
B. Ada intrakurikuler
C. Ada dalam kegiatan kurikuler, ekstrakurikuler dan rehailitasi gedung
89. Peran serta masyarakat dalam pengadaan sarana prasarana
A. Tidak ada
B. Membantu dalam pengadaan alat peraga
C. Membantu dalam pengadaan alat peraga, buku perpustakaan, dan mebeler
90. Diniyah menjalin kerjasama dengan pihak masyarakat/ orang tua
A. Tidak diadakan
B. Diadakan pertemuan setahun sekali
C. Diadakan pertemuan lebih dari setahun sekali

IX. LINGKUNGAN / KULTUR

91. Diniyah melaksankan program kebersihan ruang kelas dengan prosedur dan jadwal yang ditetapkan
A. Melaksanakan tapi tidak terjadwal
B. Melaksanakan terjadwal tapi kurang diperhatikan
C. Melaksanakan, terjadwal dan ada jadwal piket serta diperhatikan
92. Diniyah memiliki pematas dengan lingkungan sekitarnya
A. Tidak memiliki pembatas
B. Memiliki pembatas erupa tanaman hidup tapi tidak terpelihara
C. Memiliki pembatas tanaman hidup atau pagar lain serta terpelihara
93. Diniyah memiliki lampu penerangan
A. Tidak ada
B. Ada tapi tidak memadai
C. Ada penerangan memadai
94. Diniyah memiliki tempat sampah
A. Tidak tersedia tempat sampah
B. Tersedia tempat sampah hanya satu
C. Tersedia tempat sampah di setiap kelas dan kantor
95. Diniyah tersedia air bersih
A. Air bersih terbatas
B. Air ersih cukup terbatas
C. Air ersih cukup dan memadai
96. Diniyah memiliki tata tertib
A. Tidak memiliki
B. Tata tertib mengikuti pelajaran
C. Tata tertib berpakaian, tertib mengikuti Diniyah
97. Kepatuhan anak didik terhadap tata tertib
A. 1 – 25 % mematuhi
B. 26 – 50 % mematuhi
C. 51 – 100 % mematuhi
98. Kepatuhan anak didik terhadap guru
A. Sikap hormat terhadap guru
B. Sikap hormat terhadap guru dan orang tua
C. Sikap hormat terhadap guru, orang tua dan masyarakat
99. Jenis budaya tata tertib yang dilakukan Diniyah
A. Tertib memasuki kelas
B. Tertib memasuki kelas dan meninggalkan kelas
C. Tertib memasuki kelas, diruang kelas, meninggalkan kelas dan berdoa terlebih dahulu
100. Diniyah melaksanakan pemiasaan sepuluh akhlak mulia
A. 40 % dari sepuluh akhlak mulia dilaksanakan
B. 50 % dari sepuluh akhlak mulia dilaksanakan
C. 70 % dari sepuluh akhlak mulia dilaksanakan

……………..oooo0oooo…………….

About these ads

Satu Tanggapan to “INSTRUMEN AKREDITASI MADRASAH DINIYAH”

  1. H.CARSO berkata

    minta juknis akreditasi dan silabusnya ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: